Selamat Datang di Halaman TRI SUSILA

Selasa, 12 Juni 2012

Tips Belajar Silat

Berikut ini beberapa tips untuk belajar Silat. Bagi siapa saja yang ingin berlatih silat tips-tips ini mungkin akan sedikit berguna untuk anda sebelum melangkah untuk mempelajari silat.

  1. Pertama sekali pasti niat, selalu niat adalah yang utama dan pertama. Niatkan dalam hati untuk bersungguh-sungguh ingin mempelajari silat.
  2. Kemudian tujuan, tetapkan dalam hati tujuan belajar silat untuk apa. Untuk beladirikah, mengejar prestasikah, atau ingin melestarikan budaya Indonesia yang luar biasa ini.
  3. Cari tahu sebayak-banyak nya tentang silat. Karena Perguruan Silat di Indonesia sangat banyak dengan berbagai teknik dan ciri khas masing-masing, ada perguruan yang mengandalkan teknik atau gerakan yang lembut ada pula yang keras atau frontal, ada yang memanfaatkan tenaga lawan, pematahan, kuncian, serangan titik vital dll.
  4. Setelah dapat info tentang silat yang sesuai dengan diri kita, mulailah cari tahu tentang perguruan itu, mulai dari lokasi dan jadwal latiannya. sesuaikan dengan kesibukan kita dan lokasi tempat tinggal kita.
  5. Setelah kita masuk dalam perguruan tersebut, berlatihlah dengan sungguh-sugguh untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan jangan segan-untuk bertanya dengan pelatihnya tentang suatu gerakan yang agak susah juga tentang materi-materi yang diajarkan, sehingga kita bisa tahu tentang detail gerakan dan pemanfaatan gerakan yang diajarkan.
  6. Tekun berlatih dan terima apa saja materi yang diberikan pelatih. adakalanya pelatih memberikan gerakan yang aneh dan tidak keren menurut kita padahal bisa jadi gerakan itu adalah inti beladiri silat yang turun temurun diajarkan dalam perguruan tersebut dan mempunyai fungsi beladiri yang tersembunyi.
  7. Sabar dan ikhlas, kadang saat latian kita melihat senior yang sedang berlatih dan kita ingin sekali seperti mereka, sehingga kita jadi bosan dengan latihan yang itu-itu saja (biasanya terjadi pada pemula yang terus-menerus diberi materi dasar), sadar atau tidak semua yang kita pelajari pasti berguna terutama materi dasar, dasar adalah basic atau tumpuan utama sebelum kita melanjut ke materi selanjutnya, bila materi dasar telah kita kuasai maka untuk selanjutnya akan lebih mudah mempelajarinya. oleh karena itu sabar dan ikhlas dengan apa telah diberikan oleh pelatih dan jangan bosan-bosan berlatih hal-hal yang kalian anggap monoton. ( Nantikan tips-tips menghilangkan kejenuhan atau kebosanan saat latihan ^_^ )
  8. Dengarkan dan patuhilah apa saja yang disuruh oleh pelatihnya, (sama seperti kita patuh sama guru kita di sekolah). Kenapa harus patuh? Karena dengan patuh sama pelatih atau guru maka Insya Allah ilmu-ilmu yang diberikan akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita (ingat ilmu bermanfaat adalah salah satu dari ladang amal yang tidak pernah putus). Tapi kalau kita sering melawan dan mencemooh pelatih atau guru, maka ilmu yang kita pelajari dan waktu yang kita luangkan akan jadi sia-sia.
  9. Jalani latihan dengan disiplin, kedisiplinan adalah langkah awal untuk bisa meraih apapun yang diinginkan, maka dari itu disiplin itu wajib dalam latihan.

5 komentar: